Jumat, 12 Oktober 2018

3.9 MENGANALISIS PERMASALAHAN PADA PERANGKAT KERAS

Cara Menganalisa Mengatasi Troubleshooting Hardware Komputer – Adanya masalah pada hardware bisa ditandai dengan monitor mati, komputer tidak bisa menyala, dan sebagainya.
Bagaimana cara troubleshooting pada hardware komputer?
1. Cek aliran arus listrik ke komputer. Periksa power supply dan kabel power apakah sudah terpasang dengan benar atau belum dan apakah ada masalah atau tidak.
2. Pastikan komponen-komponen komputer telah terpasang dengan benar. Pastikan tak ada komponen yang kendur dalam pemasangannya.
3. Pastikan kabel monitor telah terpasang secara benar. Kabel monitor terhubung dengan monitor dengan benar.
4. Analisis suara “beep”. Periksa dan lakukan analisis suara yang keluar dari PC speaker  untuk problem yang tak diikuti suara beep atau pesan pada monitor, letak masalahnya kemungkinan terdapat pada motherboard atau power supply.
Sebagai tahap awal, lakukan analisis terlebih dulu hardware komputer yang terdapat masalah. Lalu langkah selanjutnya adalah dengan melepaskan atau mencabut hardware yang kira-kira terdapat masalah lalu pasang kembali dan pastikan tak ada kelonggaran saat memasang hardware kembali.
Jika masih ada sejumlah masalah yang belum ditemukan, ada baiknya untuk dibawa ke tukang servis komputer,agar teknisi ahli dapat langsung memperbaikinya.
Demikian cara menganalisis dan mengaatsi (troubleshooting) hardware komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jobshett Sistem Komputer 2020

Jobshett Sistem Komputer 2020 Sistem Komputer Genap 2020 I.              Keselamatan Kerja 1.   Peserta didik (praktikan) wajib m...